Kriteria Ketuntasan Minimal Sekolah dasar
Era baru dalam pelaksanaan pembelajaran di tanah Air terinta ini dengan dicanangkanya Peraturan Menteri pendidikan Nasional nomnor 24 Tahun 2006 yang mengatur pelaksanaan Permen Diknas no 22 tahun 2006.
Baca Juga
Salah satu komponen dalam KTSP adalah proses penyusunan Kriteria ketuntasan Minimal ( KKM ). dan saat ini KKM bukan barang baru bagi setiap Guru di Indonesia, akan tetapi permasalahanya masih banyak Guru yang malas membuat KKM. padahal KKM ini adalah bagian penting dalam keberhasiln pembelajaran, walaupun yang paling utama tentu adalah hasil belajar siswa.
Kiranya saya tidak perlu membahas lebih dalam tentang KKM dan permasalahnya. disini saya hanya ingin berbagi saja ( bagi yang memerlukan) saya postkan contoh format KKM untuk Sekolah dasar
Dalam penyusunan KKM ini ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, yaitu :
Adapun metode penulisan angka ada dua model :
Model pertama adalah dengan memberikan point antara 1 - 3
1. untuk kompleksitas ( tingkat kerumitan materi ) skor 1 jika materi sulit, 2 jika sedang dan 3 jika matgeri
tersebut tergolong mudah
2. Untuk Daya dukung ( sarana prasarana termasuk SDM) jika daya dukung lengkap skor 3, jika daya
dukung kurang lengkap skor 2 dan jika kurang skor 1
3. Untuk intake siswa ( kemampuan dasar ) jika kemampuan dasar siswa tinggi maka skor 3, jika sedang
skor 2 jika rendah skor 1
dengan akumulasi sebagai berikut :
Contoh :
Jka Kompleksitas sedang , daya dukung tinggi, dan intake sedang maka : 2 + 3 + 2 X 100 = 77,7 =78
9
Metode ke-2 adalah dengan rentang angka antara 50 - 100, dengan kisaran sebagai berikut
1. untuk kompleksitas ( tingkat kerumitan materi ) skor antara 50 - 64 jika materi sulit, 65 - 80 jika sedang
dan 81-100 jika materi tersebut tergolong mudah
2. Untuk Daya dukung ( sarana prasarana termasuk SDM) jika daya dukung lengkap skor 81 - 100, jika
daya dukung kurang lengkap skor 65 - 80 dan jika kurang skor 50 - 64
3. Untuk intake siswa ( kemampuan dasar ) jika kemampuan dasar siswa tinggi maka skor 81 - 100, jika
sedang skor 65 - 80 jika rendah skor 50- 64
untuk metode kedua ini cara menghitungnya :
Jika Kompleksitas sedang , daya dukung tinggi, dan intake sedang maka :
68 + 85 + 65 = 218 = 72, 6 = 73 ( ini hanya sekedar contoh )
3
untuk lengkapnya silahkan klik aja ya;
PKn dan Bahasa Indoensia
Matematika
IPA
IPS
PLBJ
Semoga bermanfaat
0 Response to "Kriteria Ketuntasan Minimal Sekolah dasar"
Post a Comment