Eksplorasi Elaborasi Konfirmasi
Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi adalh tiga istilah populer yang selalu akan ditemukan oleh Guru dalam penyusunan RPP. dengan tujuan untulk lebih memperjelas tujuan dari Pembelajaran yang kita laksanakan.
Akan tetapi masih banyak teman-teman Guru yang belum memahami maksud dan tujuan dari ketiga istilah tersebut, apa yang harus ditulis dalam ekplorasi, elaborasi atau konfirmasi.
Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi, semoga bermanfaat bagi teman-teman dan RPP yang disusunya akan lebih baik dan sesuai dengan harapan .
Eksplorasi :
Baca Juga
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus ekplorasi adalah
Peserta didik :
• menggali informasi dengan membaca, berdikusi, atau percobaan
• mengumpulkan dan mengolah data
• menggunakan berbagai pendekatan dan media
• memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar
• melibatkan peserta didik secara aktif
Elaborasi
Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus elaborasi adalah
Peserta didik :
• melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
• menanggapi laporan atau pendapat teman
• mengajukan argumentasi dengan santun
Guru :
• memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah,
• bertindak tanpa rasa takut
• memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi
Konfirmasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan peserta didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasai guru, menambah informasi yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpercaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual. Guru membantu peserta didik menyelesaikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus konfirmasi
Peserta didik :
• melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya
Guru :
• memberi umpan balik positif kepada peserta didik
• memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
• berperan sebagai narasumber dan fasilitator
• memberi acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi
• memberi motivasi kepada peserta didik
Demikian, gunakan inspirasi Anda untuk menginspirasi siswa, itu yang terpenting !
Sumber : alenmarlissmpn1gresik.wordpress.com/
0 Response to "Eksplorasi Elaborasi Konfirmasi"
Post a Comment