-->

Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat anda  buruk? atau anda merasa seperti itu ?". jangan pesimis bung !" tidak ada yang namanya daya ingat buruk Semua orang bisa meningkatkan daya ingatnya, asalkan tidak menderita hilang ingatan akibat kondisi medis tertentu atau sudah terkena penyakit tua ( pikun ). Kalau Anda ingin meningkatkan daya ingat, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, mulai dari makan blueberry hingga menggunakan beragam alat bantu ingat (mnemonic). Dengan optimisme dan ketekunan, Anda pasti bisa meningkatkan daya ingat, hal ini sangat penting untuk para pelajar,demi  memperoleh nilai bagus di sekolah , atau sekadar mengingat di mana Anda meletakkan kunci. SAlah satu cara meningkatkan daya ingat adalah dengan cara
Menggunakan alat bantu daya ingat ( Mnemonic

Menggunakan Alat Bantu Ingat (Mnemonic)





 

1. Gunakan asosiasi untuk mengingat fakta. Untuk menggunakan asosiasi secara efektif, ciptakan gambar dalam benak untuk membantu Anda mengingat sebuah kata atau gambar. Contohnya, Ketika anda kesulitan mengingat seseorang atau tempat, maka bayangkan sebuah gambar atau hewan yang identik dengan orang yang anda maksud atau tempat yang anda tuju, Bukan sebuah penghinaan jika kita mengingat Sule dengan mengingat sungokong atau sebaliknya. untuk selalu mengingat tempat di puncak, banyangkanlah ubi bakar cilembu atau penjaja villa disana.


2. Gunakan asosiasi untuk mengingat angka. Katakanlah Anda terus-menerus lupa NIM (Nomor Identitas Mahasiswa) tiap kali Anda butuh. Cukup pecah angka-angka itu jadi bagian-bagian yang lebih kecil, kemudian ciptakan gambar terkait. Misalnya, 80-7575-7. Cari cara agar kombinasi angka itu bermakna. Katakanlah "80" adalah nilai tertinggi matematika anda . "75" mungkin umur nenek Anda. Dan "7" tentunya nomor punggung Cristiano Ronaldo. Berikut yang bisa Anda visualisasikan untuk mengingat angka tersebut:

    Bayangkan anda sangat senang ketika mendapat nilai 80 dalam ulangan matematika dan dua nenek Anda berdiri tersenuym menyambut kedatangan anda dirumah , berarti nilai  hadir lebih dulu. Kemudian bayangkan CR 7 berdiri di sebelah kanan kedua nenek Anda. Itulah angka NIM Anda--80 (nilai ), 7575 (nenek Anda yang telah dikopi jadi dua), dan 10, sang Mega bintang CR 7. 



3. Gunakan pengelompokan. Teknik pengelompokan alias "chunking" adalah cara mengelompokkan sesuatu agar Anda lebih mudah mengingatnya. Hal-hal yang acak (seperti daftar belanjaan) bisa sangat sulit diingat. Agar lebih mudah, kelompokkan barang-barang di daftar tersebut. Misalnya, kelompok buah-buahan, kelompok produk olahan susu, serta kelompok roti dan produk sejenis. Selain membantu Anda menghafal daftar itu, teknik ini menjadikan proses belanja lebih cepat.[2]

    Kalau Anda bisa mengingat--di antara banyaknya barang yang akan Anda beli--bahwa Anda ingin membeli empat macam sayuran, Anda lebih mudah mengingat keempatnya.
    Pengelompokan adalah yang kita lakukan ketika kita menulis nomor telepon dengan tanda pemisah. Mana yang tampak lebih mudah diingat, 8564359820 atau 856-435-9820?
    Anda mungkin takkan mengingat 18251830186018791901, tapi coba letakkan spasi di antara empat angka. Kini Anda bisa melihat bahwa angka-angka tersebut menunjukkan tahun, dan Anda bisa menggunakan peristiwa penting yang terjadi pada tahun-tahun tersebut untuk membantu Anda mengingat rangkaian angka tersebut. Misalnya, awal Perang Diponegoro (1825), akhir Perang Diponegoro dan dimulainya sistem tanam paksa (1830), terbitnya buku "Max Havelaar" (1860), lahirnya R.A. Kartini (1879), serta lahirnya Presiden Soekarno (1901).atau yang lainya.


4. Gunakan syair atau kalimat khusus. Berbagai syair  yang umum dan konyol atau yang tidak biasa bisa membantu Anda mengingat informasi sederhana. Misalnya, ketika Anda berusaha mengingat ada 30 atau 31 hari sepanjang bulan April, ucapkan keras-keras pantun berikut: "Tiga puluh hari adalah September, April, Juni, dan November." Alhasil, Anda ingat bahwa April terdiri atas 30 hari. Berikut beberapa pantun yang bisa jadi alat bantu ingat:[3]

  "Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan  kita."
       Anak kecil bisa menghafalkan abjad dengan mengikuti irama lagu "Twinkle, Twinkle, Little Star," yang liriknya diganti dengan rangkaian abjad.
         Untuk siswa SD, bisa menggunakan anggota tubuh untuk belajar perkalian dasar, misal :
jika perkalian 5. awali kepala sebagai 5 x 1, telinga sebagai 5 x 2, mata sebagai 5 x 3, hidung sebagai 5 x 4 danseterusnya, jadi ketika siswa memegang hidung ia akan ingat beberapa angka sesuai angka yang dikalikan




5 Gunakan akronim. Akronim alias singkatan adalah alat bantu yang hebat untuk mengingat beragam hal, mulai dari nama-nama danau hingga warna-warna pelangi. Anda bisa menggunakan akronim populer, atau membuatnya sendiri. Misalnya, ketika Anda pergi ke toko dan tahu bahwa Anda hanya butuh Ikan, Sosis, Lobak, dan Ayam, buatlah kata baru dari tiap huruf awal belanjaan Anda: "ALIS"--Ayam, Lobak, Ikan, dan Sosis. Berikut beberapa akronim populer yang bisa Anda gunakan:[4]
  • ASI. Gunakan akronim ini untuk mengingat Air Susu Ibu.
  • MEJIKUHIBINIU. Kata yang unik ini membantu Anda mengingat warna-warna pelangi: Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu.
  • LIRRIK. Akronim ini bisa membantu Anda mengingat empat perundingan besar yang mengakui kedaulatan Republik Indonesia: Linggarjati, Renville, Roem-Royen, dan Konferensi Meja Bundar.
  • JABODETABEK. Akronim ini bisa membantu Anda mengingat kota-kota satelit DKI Jakarta, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

6,.Gunakan akrostik alias sajak. Akrostik mirip dengan akronim, namun selain sekadar mengingat singkatannya, Anda bisa mengingat sebuah kalimat baru yang dibuat dari huruf awal sekumpulan data yang ingin Anda ingat dalam urutan tertentu. ketika saya sd, ayah saya mengajarkan kalimat yang tak saya mengerti " Mang Vendi Buburuh Macul Juju Salam Ujug Ujug Najong Panto ternyata itu mengingat urutan planet: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto. Anda juga bisa membuat akrostik sendiri. Berikut beberapa akrostik yang terkenal:[5]

    "Salat di langgar berpahala, salat dilanggar berdosa." Anda bisa menggunakan akrostik ini untuk mengingat penggunaan "di" sebagai kata depan penunjuk lokasi atau "di" sebagai awalan kata kerja.
    "SEMUA SINdikat TANgannya KOSong." Anda bisa menggunakan ini untuk mengingat sifat kuadran dalam trigonometri secara berurutan: kuadran 1 untuk semua, kuadran 2 untuk sinus, kuadran 3 untuk tangen, dan kuadran 4 untuk cosinus.
    "Kucing Hitam Dalam Mobil Desi Centil Mondar-mandir." Kalimat ini terdengar konyol, tapi cukup populer di kalangan siswa SD dan SMP untuk menghafal satuan panjang: km-hm-dam-m-dm-cm-mm.
    "Pisang Ambon Rasanya Agak Manis." Gunakan akrostik ini untuk mengingat klasifikasi hewan vertebrata: Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves, Mammalia.


7. Gunakan metode Loci. Metode ini telah digunakan sejak zaman Yunani kuno. Untuk menggunaknnya, cukup bayangkan Anda meletakkan informasi yang Anda ingin ingat di rute perjalanan yang Anda kenal, atau di lokasi-lokasi tertentu dengan ruangan atau bangunan yang Anda ingat. Pertama, pilih perjalanan yang cukup akrab dengan Anda; kemudian, bayangkan hal-hal yang Anda ingin lakukan atau ingat sepanjang perjalanan itu.[6]

    Kalau Anda butuh mengingat singkatan ASI, LIRRIK, dan MEJIKUHIBINIU, Anda bisa membayangkan di dalam rumah Anda seorang ibu sedang menyusui bayinya sembari mendendangkan lirik lagu berjudul MEJIKUHIBINIU.

seLAMAT MenCO ba

0 Response to "Meningkatkan Daya Ingat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel