-->

Mengenali Prilaku Kekerasan Pada Anak Usia Dini

Mungkin sudah berbagai cara kita lakukan untuk dapat mendidik anak dengan cara yang menurut kita benar. tetapi ternyata sering terjadi kesalahan atau keliru dalam mendidik anak. Apa lagi saat ini anak cenderung mengikuti gaya idolanya daripada nasehat orang tuanya

Untuk meminimalisir kesalahan kita dalam memberikan pendidikan yang benar kepada anak, alangkah baiknya kita mengenali karakter anak. antara lain melihat prilaku kekerasan yang dilakukan anak.

Berikut 5 hal yang harus diperhatikan untuk dapat mengenali prilaku pad anak. 

1. Pertimbangan usia anak
Pertimbangkan usia anak Anda. Anak yang lebih kecil, umumnya usia dua sampai empat tahun, mungkin kesulitan mengekspresikan pikiran dan perasaannya karena kemampuan berkomunikasi yang belum berkembang sepenuhnya. Ketidakmampuan berkomunikasi ini dapat membuat anak menimbulkan perilaku kekerasan sebagai cara untuk mengekspresikan diri.
Perilaku agresif ini kemungkinan akan berkurang seiring pertumbuhan dan saat anak sudah mempelajari cara mengekspresikan diri tanpa menggunakan kekerasan.

2. Pertimbangan jenis kelamin
Sadari bahwa anak laki-laki cenderung lebih agresif daripada anak perempuan, walaupun anak perempuan juga sangat mampu melakukan kekerasan. Anak perempuan cenderung memiliki kendali lebih atas kemarahan mereka, sementara anak laki-laki mengekspresikan diri secara fisik dengan meninju atau bertengkar. Akan tetapi, agresi verbal lebih umum pada anak perempuan.
Agresi verbal ini antara lain memberi julukan menghina, mengejek, atau bergosip, dan juga isyarat nonverbal seperti memutar mata atau mengabaikan seseorang.

3. Pertimbangkan Temperamen
Pahami temperamen yang berbeda. Cara setiap anak menghadapi emosi berbeda-beda; hasilnya mereka akan menunjukkan reaksi berbeda pada rangsangan yang sama. Temperamen anak umumnya diklasifikasikan “mudah” atau “sulit”.
Anak-anak dengan temperamen “mudah” cenderung menunjukkan emosi positif dan umumnya dapat beradaptasi dalam berbagai situasi.
Anak-anak dengan temperamen “sulit” cenderung menunjukkan emosi negatif dan tidak beradaptasi dengan baik pada situasi baru.
Ketahui bahwa dinamika keluarga memiliki peran dalam agresi. Sering kali, cara anak menghadapi satu situasi tergantung pada caranya melihat keluarganya menyelesaikan konflik yang serupa. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan perilaku Anda sendiri saat mencoba memahami perilaku agresif anak.

4. Pertimbangan Cara   
    mendisiplinkan anak 
Sadari bahwa cara Anda mendisiplinkan anak dapat memengaruhi kecenderungannya pada kekerasan. Bentuk disiplin yang berbeda memiliki efek yang berbeda pada anak karena anak cenderung meniru orang tua atau pengasuhnya. Jika anak terekspos pada bentuk disiplin agresif, walaupun ringan, dia sendiri mungkin akan mengembangkan perilaku agresif tersebut.
Ketahui bahwa beberapa kondisi fisik atau neurologis dapat menyebabkan perilaku agresif. Ada beberapa masalah dan kondisi kesehatan yang dapat memengaruhi anak dan membuat dia menunjukkan perilaku agresif.
Contoh, anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) mungkin menunjukkan perilaku kasar dan agresif.

5. Perhatikan pola tidur anak
Perhatikan pola tidur anak Anda. Anak yang tidak tidur cukup, atau sulit tidur di malam hari, mungkin memiliki perilaku yang lebih agresif. Ini karena dia sangat kelelahan, sehingga lebih rewel dan rawan mengamuk.








Berikut beberapa hal yang dapat kita lakuakn untuk dapat mengenali prilaku kekerasan pada anak.

Semoga bermanfaat

sumber > Wiki How

1 Response to "Mengenali Prilaku Kekerasan Pada Anak Usia Dini"

  1. This is how my buddy Wesley Virgin's adventure begins with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    You see, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he discovered hidden, "MIND CONTROL" tactics that the government and others used to obtain whatever they want.

    As it turns out, these are the exact same secrets tons of celebrities (especially those who "became famous out of nothing") and top business people used to become wealthy and famous.

    You've heard that you use less than 10% of your brain.

    That's really because the majority of your brainpower is UNTAPPED.

    Perhaps this expression has even taken place INSIDE your own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind 7 years ago, while riding an unregistered, beat-up bucket of a car with a suspended license and $3 on his banking card.

    "I'm so fed up with living check to check! Why can't I turn myself successful?"

    You've taken part in those types of questions, right?

    Your success story is going to happen. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

    WATCH WESLEY SPEAK NOW

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel