-->

lima kekuatan yang harus dimiliki Guru

Seiring berjalanya waktu, perkembangan ilmu pengetahuan.maka,  dunia pendidikan pun terus mengalami perubahan. Guru tidak bisa lagi menerapkan metode mengajar yang sama pada siswa yang berbeda generasi,oleh karena itu  guru dituntut harus selalu meningkatkan kemampuan diri  dalamdalam melaksanakan tupoksinya. Cara mengajar dengan lebih kreatif.
Praktisi Pendidikan  Sigit Setiawan, S.S, M.Pd menjelaskan bahwa  menjadi guru kreatif saja  tidak  cukup tapi juga harus efektif. Selain itu, guru juga harus mempunyai nilai kehidupan agar menjadi contoh yang baik bagi siswa.
Meski saat ini metode mengajar kreatif banyak diterapkan di sekolah-sekolah, tapi guru tidak bisa begitu saja menerapkan cara kreatif tanpa perencanaan terlebih dulu.
"Guru harus punya kekuatan. Ada lima kekuatan yang bisa kita tiru untuk memaksimalkan kreativitas," kata Sigit saat acara Workshop Mengajar Kreatif-Efektif yang digelar Sukawu.com di Kampus Pascasarjana  Universitas Indonesia, Jakarta, Selasa, 24 Januari 2017.
Berikut lima kekuatan yang harus dimiliki guru menurut beliau

11.     Kekuatan paksaan. Guru punya kekuatan ini untuk memberlakukan hukuman pada siswa. 
  2.  Kekuatan legitimasi atau formal yang terlihat dari kartu identitas dan seragam yang dikenakan guru pada saat melaksanakan tugas
33. Referent atau menguatkan hubungan baik. Kekuatan ini, menurut penelitian yang dilakukan Sigit, bisa diberlakukan untuk kelas 7-12.
44.  Expert atau kekuatan ahli yang terbukti dari pengalaman. dan
55.  Kemampuan reward atau memberikan hadiah.

Jika  siswa sudah diberikan hukum berkali-kali tapi tidak berubah, mungkin bisa menggunakan pendekatan personal atau  menggunakan pujian sesuai dengan kelebihan yang dimiliki siswa,
Hal ini sudah coba saya terapkan selama 13 tahun saya mengajar, dan hasilnya luar biasa, siswa yang (katanya )susah diatur, bandel, ternyata sebetulnya tidak, kembali kepada cara pendeketan yang kita gunakan.
Semoga bermanfaat

0 Response to "lima kekuatan yang harus dimiliki Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel