-->

Kiat Untuk Presentasi di Depan Umum

3 darii 4 orang tidak mempunyai keberanian untuk berbicara di depan umum atau disebut Glossophobia. ini terjadi pada siapa saja, pelajar, pejabat, bahkkan tidak semua guru dapat melakukan interkasi dengan baikk ketika mengajar. Berikut beberapa tips sederhana untuk melakukan presentasi atau berbicara di depan umum.

Hal yang paliing penting adalah kuasai materi yang akan kita bbicarakan di depan umum, kemudian kita data siapa yang akan menjadi pendengar kita, apakah dari kalangan pelajar, mahasiswa, atau eksekutif, mengetahui calon audien adalah penting untuk strategi kita saat bebicara, bicara di depan pelajar tentu berbeda dengan gaya bicara kita dii depan para mahasiswa. 
Langkah selanjutnya, buat catatan kecil ( indeks materi yang akan kita bawakan) Jangan terlalu banyak membuat catatan karena itu justru akan membuat kita terkesan membaca dan tidak menguasai materi.

Jangan lupa melihat semua orang, jangan hanya lantai. tersenyumlah saat memasukii podium. Jika anda membuat kesalahan, jangan khawatir. Mungkin saja tidak ada yang menyadarinya dan kalaupun anda, mereka akan cepat melupakannya. Jadi percaya diri dan saat mendekati akhir presentasi, tanyalah penonton anda apakah ada pertayaan atau komentar. Ini menunjukkan anda dewasa dan membiarkan kelas tahu kalau anda peduli dengan topik itu. Ingat : buat suara anda jelas dan terdengar oleh semua orang. Coba dapatkan level formal yang tepat di presentasi anda, tergantung apa yang anda presentasikan dan kepada siapa anda mempresentasikannya. Jika menggunakan media seperti  power point, makka iingatlah Power Foint adalah alat komunikkasi anda dengan audiens/ alat untuk penonton anda, mereka tidak akan terlalau memperhatikkan  naskah anda. Presentasi anda harus meliputi lebih banyak hal dari yang anda tulis di power point dan slide anda seharusnya tidak terdiri dari banyak tulisan.

Pastikan anda melihat keseluruh ruangan, tidak hanya di bagian tengah. Bergeraklah ke sekitar! Anda tidak harus berdiri di suatu tempat. Bersenang-senanglah! Menggunakan tubuh anda untuk menekankan suara bisa menambah perasaan natural dari presentasi anda. Ketahuilah kalau orang yang melihat anda juga sedang gugup dengan presentasinya, dan mungkin tidak mendengarkan anda!
Letakkan tangan anda di bawah pundak sehingga penonton tidak teralihkan perhatiannya. Pilih tempat di tengah. Dengan ini anda dapat melihat beberapa presentasi dan melihat kesalahan mereka, dan penonton anda belum terlalu bosan saat tiba giliran anda.

Selamat mencoba. Satu hal yang harus anda tanamkan di benak anda adalah, Ketika dii depan dan kiita menjadi pembicara, maka jadiikanlah diri kita sebagai Guru yang serba tahu.
Oleh karena iitu untuk menjadi orator yang baik, perbanyak pembendaharaan pengetahuan kkita, jangan lewatkan membaca atau  menyimak berita.



0 Response to "Kiat Untuk Presentasi di Depan Umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel