-->

Bagaimana cara menjadi GUru yang baik

Bagaimana cara menjadi Guru yang baik ??

Setiap Guru Sekolah dasar saya pastikan mempunyai keinginan untuk menjadi seorang Guru yang baik, sebuah kebanggan bagi seorang Guru jika berhasil melahirkan generasi penerus bangsa yang berprestasi, terutama jikka dia adalah bekas murid kita'.


Akan tetapi terkkadang tidak semua menyukai gaya mengajar kita, mungkin sebagian menganggap bahwa gaya mengajar kita tidak relevan lagi dengan kondisi jaman sekarang. 


Tidak perlu risau, kita adalah pendidik bukan pengajar yang hanya mentransfer ilmu, tapi tugas kita para guru adalah membentuk karakter anak didik kita.

lalu apa yang harus kita lakukan ????

berikut beberapa tip's sederhana dari saya. semoga bermanfaat dan mohon maaf jika tidak sesuai dengan keinginan anda.

1. Be Fun 
     Maksudnya adalah buatlah mereka bahagia, nyaman ketika berada di kelas, ajaklah mereka bermain, bercerita, jhika memungkinkkan ajak mereka nonton sesuatu yang mereka suaki tapi hal yang positif ( sesuai dengan materi yang kan dibahas)kemas dengan cara yang membuat menarik minat mereka belajar.

      Bolehkah kita memutar film micky and mouse ?
      Boleh, karena banyak hal yang bisa kita pelajari dari film itu

2. keep Smile
     Jangan pernah hilang  senyum dan keramahan dari wajah kita, kalaupun kita bermuka masam karena marah, itu kita lakukan hanya untuk membuat mereka sadar bahwa mereka salah, jangan memaksa mereka untuk merasa bersalah dan meminta maaf, tapi arahkan mereka, apa yang harus dilakukan jika bersalah pada orang lain.dan hanya yang bersalah yang kkita tegur, Dalam hal ini ajaklah orabnng tua untuk bekerja sama mendidik karakter anak.

3. be a parents
    Selam di kelas mereka adalah anak kita, perlakukan lah mereka seperti anak kita, jangan ada kebencian pada anak kita, karena itu akan menghambat proses pendidikan kita.

4. Care
    Ketahuilah karakter individu anak didik kita, analisa intaqe mereka, agar tidak salah kita mendidik mereka, ajaklah mereka untuk terbuka dengan masalahnya. biarkan mereka bercerita tentang yang disukai dan tidak disukai.

5. Break
    maksudnya adalah setiap beberapa waktu belajar kita ajk mereka untuk bersenang-senang atau hanya sekedar refresh, agar mereka kembali fokkus

6. Reward
    Reward bukan hanya sekedar nilai kuantitas atau kualitas yang kita berikan, tetapi kata-kata pujian sederhana, seperti kata : bagus, hebat, pinter kamu dan lain-lain, itu akan membuat mereka memiliki semangat untuk terus berkembang, apapun yang mereka kerjakan, sampaikan kata2 yang bijak, 

7. Provide an easy thing 
    Jangan membuat mereka melakukan pekerjaan yang terlalu sulit, karena itu akan mengurangi semangat mereka mengerjakan tugas yang kita berikan. 

8. a fair punishment
    jangan berteriak kepada siswa yang hanya membuat kesalahan kecil. Hindarkan menghukum siswa hanya karena siswa terlambat masuk, atau tidak mengerjakan PR, jangan membuat aturan yang terlalu menekan diluar peraturan yang sudah seharusnya.
      Seperti seragam adalah wajib, tegurlah siswa yang menggunakan pakaian sekolah tidak sesuai aturan.

Itulah beberapa tip's sederhana untuk para Guru SD, 
tip's ini hanya masukan untuk menambah pemahaman anda dan pola fikir anda dalam mendidik siswa. 

JIka ada hal lain yang tidak saya sebutkan silhakan anda tambahkan di kolom komentar, dan sampaikan dengan santun, karena kkita semua adalah GURU

0 Response to "Bagaimana cara menjadi GUru yang baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel