-->

Penilaian Kelas 2014

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh data dan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian dilakukan dengan cara menganalisis dan menafsirkan data tentang kegiatan yang dilakukan peserta didik secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. 

Adapun hal-hal  yang perlu diperhatikan dalam merancang penilaian adalah sebagai berikut:
1. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian KD-KDpada KI-3 dan KI-4.

2. Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan hal-hal yang dapat dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
3. Sistem penilaian yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan.
Artinya semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan KD yang telah dikuasai dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik.
4. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut, berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedial bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi ketuntasan.
5. Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses, misalnya teknik wawancara, maupun produk berupa hasil observasi lapangan.

Sebagai pelaksana di lapangan, hal yang paling merepotkan dari kurikulum 2013 bagi para Guru adalah teknis penilaian, bukan tingkat kesulitanya yang jadi masalah, akan tetapi proses penilaian yang begitu banyak dan detail serta berkesinambungan.

Akan tetapi bagaimanapun rumitnya, kita tidak bisa menghindar dari tugas pokok tersebut, karena nilai adalah out put konkrit yang akan dijadikan dasar atau standar keberhasilan kita dalam mengajar dan kemampuan daya serap siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Untuk sekedar membantu memudahkan teman-teman dalam proses penilaian , silahkan klik link berikut.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Penilaian Kelas 2014"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel